Kamis, 30 Juli 2020

Maknama Arti Dari Sebuah Harapan - Belajar Marketing Online Shopping

Heyho...
Jadi gue mau cerita tentang usaha gue baru coba ngerintis toko online shop. Platform yang gue pilih pertama kali adalah shopee, karena gue sering banget pake aplikasi itu sebagai pembeli posisinya. Bikin toko dari akun yang sama dari yang gue pake biasa belanja. Trus ngerambah ke facebook, dan sekarang tokopedia pun ada.

Gofood : https://gofood.co.id/english/jakarta/restaurant/cemilaries-panongan-fcfbacff-1612-4899-87ea-7a5dea24d571

Shopee : https://shopee.co.id/mariza10

Tokopedia : https://www.tokopedia.com/cemilaries

Facebook : https://www.facebook.com/cemiLaries/

Google Maps
GMaps : https://www.google.com/maps/place/CemiLaries+(Toko+Maju)/@-6.2480464,106.5331887,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e69fdcc2bdc85ef:0x734ed8be33373a4f!8m2!3d-6.2480517!4d106.5353774

Menurut gue lu ada beberapa tahap buat mau mulai usaha. Gue disclaimer dulu dari awal, semua ini berdasarkan pengalaman gue pribadi dan bukan panduan. Kalo kalian butuh saran yang lebih baik bisa langsung ke expertnya.

1. Tentuin Nama Brand / Toko
Nentuin nama brand atau toko itu penting, karena dengan pake nama yang mudah diinget dan ga pasaran itu bakalan naikin antusias pembeli. Gue orang yang cukup idealis dalam memilih nama, harus punya makna dan arti dalamnya.  Gue awalnya berangkat dari penjualan kue kering yang bernama "Laeris Cookies". Kata yang diambil Laries dari LARIS, kalau menurut kbbi (laris/la·ris/ a cepat laku (tentang barang jualan); amat laku;), dan (lari /la·ri / 1 v melangkah dengan kecepaatn tinggi:). Harapan gue adalah usaha yang gue bangun bisa melangkah dengan cepat dan sangat laku dipasaran.

Trus karna gue mau bikin toko online di shopee yang menjual bukan hanya kue kering, trus gue cari nama baru yang mencerminkan toko gue tanpa menghilangkan kata "laries". Akhirnya ketemu lah gue dengan nama "Cemilaries". Berasal dari kata cemil yang berarti makanan ringan, dan laries yang berati laku banget. Cemil disini punya makna, tempat cari makan (priuk usaha) dengan ringan (tanpa beban), jadi ya gue enjoy buat ngejalaninnya.

2. Cari di google
Setelah dapet nama brand / toko, perlu dicari tau apakah nama yang dipilih sudah ada yang pakai atau belum. Karena ini penting untuk menghindari dari duplikat dan hak cipta kadepannya kalo yaa usaha semakin besar. Gue sudah memastikan ga ada yang pernah pakai brand "Cemilaries" sampai saat ini.

3. Bikin Logo
Logo toko menurut gue itu penting, untuk mengenalkan nama usaha dan brandingan ke banyak orang. Buat logo sesuai dengan selera pemiliknya, karena usaha harus dilakukan dengan sepenuh hati. Tapi jangan melupakan sisi estetikanya. Gue kebetulan bia pakai photoshop, jadi gue bisa bikin logo gue sendiri.
Pemilihan warna juga penting dala suatu logo, kayak toko kopi biasanya lebih banyak pakai yang hitam bold latar abu-abu atau toko kue yang biasanya pakai warna coklat.

Nah disini gue pake warna pink soft, karena gue pengen memberikan citra hangat, dan kasih sayang, 

4. Tagline

                              

Untuk sampai saat ini tagline yang gue pake cuma untuk barang makanan "Icip Langsung Doyan". Karena dengan nyoba gigitan pertama enak maka akan ketagihan selanjutnya. Nah karena gue sekarang ga cuma jualan makanan, tapi kebutuhan rumah juga jadi tagline itu gue rasa kurang cocok untuk sekarang. Mau berubah jadi apa belum kepikiran sih gue.

_________________________________________________________________________________

Kenapa usaha "online" gue pikirin sebegitunya, sampe makna harfiahnya pun ada. Karena gue pengen punya usaha yang long lasting dan barmakna buat diri gue sendiri. Tapi ya banyak juga yang jualan online, yaudah lah pake nama apa aja yang penting kan laku.... Kalau berlandaskan money oriented itu bakalan terjawab, tapi kalau berdasar kepuasan punya suatu brand yang kita bangun sendiri dan nantinya bakalan besar kita akan capai titik dimana kata "PUAS" itu tercapai.

Sekarang masih ngerintis tapi kita lihat 1 - 2 tahun lagi akan besar. 


Babay Luvya!
Next gue bakalan cerita tentang cara gue maintenancenya.





0 komentar:

Posting Komentar

 

Journey Template by Ipietoon Cute Blog Design